Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita Utama

LBH Sejahtera Bersama Lampung Gelar Penyuluhan Hukum Serentak

189
×

LBH Sejahtera Bersama Lampung Gelar Penyuluhan Hukum Serentak

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sejahtera Bersama Lampung (SBL) dan Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung mengelar penyuluhan Hukum Serentak dalam rangka HDKD (Hari Dharma Karya Dhika) Kementrian Hukum dan HAM RI ke 78 Bandar Lampung bertempat di LBH Sejahteta Bersama Lampung di Bandar Lampung, , mulai Selasa (2/8/23).

Penyuluhan hukum ini dilaksanakan di 33 Kantor Wilayah kementrian Hukum dan HAM serta di 33 Pemberi Bantuan Hukum (PBH) yang telah terakreditasi secara serentak di seluruh Indonesia. Penyuluhan hukum ini mengusung Tema Sosialisasi Undang Undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang KUHP. yang digelar mulai tanggal 2 Agustus sd akhir agustus 2023.

Ketua LBH SBL, Masayu Robianti menyampaikan, terkait undang undang yang terbaru dan baru saja di sah kan maka kita diwajibkan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar masyarakat tau akan isi dan perubahan KUHP yang baru ini. Tujuan nya agar masyarakat dapat dan memahami akan arti perubahan dari isi KUHP yan baru ini.

“Maka kami bekerjasama dengan Penyuluh Hukum Kantor wilayah Kementrian Hukum dan Ham Lampung serta Dosen Fakultas Hukum Univ. Saburai agar dapat memberikan Materi yang telah ditentukan serta turut serta mensukseskan acara HDKD Kementrian Hukum dan HAM RI

Agar tujuan dr UU tsb dapat dipahami oleh masyarakat luas. Ujarnya.

Sejalan dengan itu Ketua LBH Sejahtera Bersama Lampung Masayu Robianti, SH.,MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pihaknya telah ditunjuk oleh Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM lampung untuk turut serta mensukseskan acar HDKD tsb yang dibuka mulai tanggal 2 Agustus 2023 sampai akhir Agustus 2023.

“Kegiatan ini dimaksud untuk memberikan pengetahuan hukum kepada Masyarakat dalam rangka mengurangi kriminalitas dan kejahatan yang terjadi di masyarakat” katanya.

Pada kegiatan tersebut hadir juga lurah gunung terang, rekan rekan advokat dari PAPELA dan para pamong di lingkungan kelurahan gunung terang serta masyarakat yang di undang dalam penyuluhan tersebut berjumlah lebih kurang 50 orang.

Selain pemahaman hukum, mereka juga diberikan materi tentang perubahan KUHP yang pada pokok pembahasan menerangkan ttg perubahan di berbagai aspek dengan Pemateri Bpk. Drs. Muhammad Zuhri, SH.MH., Dari kanwil kemenkumhan lampung. Ibu Tian Terina, SH.,MH Dosen FH Univ. Saburai, Dan Ibu Masayu Robianti, SH.,MH selain sebagai Ketua LBH SBL, Advokat beliau jg seorang Dosen Di FH Univ Saburai.

Hadir juga bapak Lurah Gunung Terang Bapak Abizar Alghifari, S.H., MM., SE. menyampaikan Bahwa kegiatan hari ini sangat sangat bermanfaat, dan masyarakat harus diberitahu dan dipahami agar tidak keliru dalam memahami isi dr KUHP yang terbaru tsb.

“Harapannya ilmu yang didapat bisa diteruskan kepada kawan lain sehingga bermanfaat bagi kita semua. (*)