Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

Rektor Apresiasi Pelaksanaan Semnas Ihamafi XVII

58
×

Rektor Apresiasi Pelaksanaan Semnas Ihamafi XVII

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., mengapresiasi Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) dan Aliansi Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP (Almafika) atas suksesnya pelaksanaan Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia (Ihamafi) XVII. Kegiatan berlangsung di UPT Perpustakaan Unila, Selasa, 1 Agustus 2023.

Prof. Lusi dalam sambutannya menyatakan rasa bangga sebagai Rektor Unila karena mahasiswa telah mampu menyelenggarakan kegiatan nasional sebesar Ihamafi XVII. Ia juga menyampaikan pentingnya mempromosikan fisika di tengah masyarakat untuk meningkatkan minat dan popularitas jurusan ini.

“Fisika merupakan mata pelajaran atau jurusan yang masih jarang diminati. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah yang memungkinkan perguruan tinggi mempromosikan fisika di tengah masyarakat agar diminati lebih banyak orang,” kata Prof. Lusi.

Ihamafi XVII merupakan bagian dari rangkaian acara musyawarah nasional Ihamafi XVII tahun 2023. Ihamafi XVII menjadi wadah bagi himpunan mahasiswa fisika dari seluruh universitas di Indonesia untuk berinteraksi dan berkolaborasi.

Dengan tema “Satukan Persepsi untuk Fisika Bersinergi di Bumi Tapis Berseri” Ihamafi XVII diselenggarakan Himafi FMIPA Unila dan Almafika FKIP Unila atas dukungan dari jajaran pimpinan FMIPA Unila, termasuk Dekan FMIPA Dr. Eng Heri Satria, S.Si., M.Si., dan Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Dr. rer. nat Akmal Junaidi, M.Sc., serta Ketua Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unila Dr. Viyanti, S.Pd., M.Pd., dan Pembina Himafi Drs. Syafriadi dari FKIP.

Ketua Pelaksana Ihamafi XVII Nur Fajar Sidik menjelaskan, tujuan utama kegiatan ini untuk mengevaluasi kinerja Ihamafi periode sebelumnya dan mempererat koordinasi serta silaturahmi antaranggota.

Acara ini diikuti 35 delegasi yang mewakili 20 himpunan dan 18 universitas dari seluruh Indonesia. Pesertanya meliputi pengurus Ihamafi periode 2021-2023 dari perguruan tinggi negeri dan swasta, delegasi mahasiswa fisika dari masing-masing perguruan tinggi, alumni pengurus Ihamafi, dan peserta undangan lainnya.

Rangkaian acara Ihamafi XVII berlangsung dari 1 Agustus hingga 6 Agustus 2023. Kegiatan ini mencakup pembukaan, seminar nasional, sidang rapat evaluasi, field trip untuk memperkenalkan budaya dan wisata Lampung, serta penutupan.

Nur Fajar Sidik pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unila, jajaran pimpinan FMIPA, dan para delegasi atas dukungan dan partisipasinya dalam acara dwi tahunan ini.

Ia berharap, seminar nasional ini dapat berjalan lancar, sekaligus menjadi momentum untuk memperkuat koordinasi dan kolaborasi antaranggota Ihamafi guna meningkatkan prestasi dan kontribusi bidang fisika bagi kemajuan Indonesia.

Dengan keberhasilan Ihamafi XVII, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memahami dan mendukung perkembangan fisika sebagai salah satu faktor pendorong kemajuan bangsa.*