Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bandar LampungBeritaBerita UtamaPendidikanUnila

Mahasiswa KKN Unila Berdayakan Masyarakat Desa Hurun Melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Buah Pala

58
×

Mahasiswa KKN Unila Berdayakan Masyarakat Desa Hurun Melalui Pelatihan Pembuatan Sirup Buah Pala

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Lampung (Unila) berdayakan masyarakat Desa Hurun, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, melalui pelatihan pembuatan sirup buah pala.

Kegiatan yang digelar Sabtu pagi, 15 Juli 2023 ini sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat, terutama bagi para ibu-ibu PKK desa setempat. Mereka berkumpul untuk mengikuti pelatihan pembuatan sirup buah pala yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pengelolaan kulit dan daging buah pala, termasuk proses pengolahan, pengemasan, dan pemasaran produk. Warga nampak antusias mengikuti setiap tahap kegiatan yang dipandu mahasiswa KKN Unila ini.

“Ide untuk mengadakan pelatihan ini muncul karena kami melihat potensi besar yang dimiliki buah pala di daerah ini akan tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal,” ungkap Anggun Nur Hidayah, Pj kegiatan dan mahasiswa Unila yang turut terlibat dalam penyelenggaraan acara.

Kegiatan tersebut juga dihadiri seorang narasumber berpengalaman di bidang pengolahan buah pala, yaitu Ibu Rumsiah, Ketua Pokja II PKK Desa Hurun. Ia memberikan wawasan berharga tentang teknik pengolahan buah pala menjadi sirup berkualitas tinggi.

Selain membantu ibu-ibu PKK Desa Hurun dalam meningkatkan pemahaman tentang pengolahan limbah kulit dan daging buah pala, pelatihan bertujuan untuk mengurangi limbah buah pala dan membuka peluang usaha UMKM baru bagi warga desa setempat.

“Pemanfaatan limbah kulit dan daging buah pala ini dapat mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan sekaligus menciptakan peluang ekonomi baru bagi warga Desa Hurun,” tambah Ibu Rumsiah.

Dalam kesempatan sama, Donny Lesmana, S.T., M.Sc., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) turut memberikan dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan mahasiswa KKN Unila yang berperan aktif memberdayakan masyarakat melalui pelatihan ini.

Kegiatan juga diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya pengembangan produk lokal dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Hurun.

Melalui keterlibatan Mahasiswa KKN Unila, kegiatan ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang mencerminkan sinergi antara perguruan tinggi dan lingkungan sekitar.(*)