Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

110 Siswa Gugur dalam Verifikasi Akademik SNPMB Unila 2023

66
×

110 Siswa Gugur dalam Verifikasi Akademik SNPMB Unila 2023

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – 110 siswa yang lulus Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Lampung (Unila) tahun 2023 gugur dalam verifikasi akademik. Mereka terdiri dari 13 siswa yang tidak lolos verifikasi akademik dan 97 siswa tidak mengumpulkan berkas akademik.

Hal ini disampaikan Humas PMB Unila Dr. Fitra Darma, S.E., M.Si., dalam wawancara dengan tim website di ruang kerjanya, Gedung Pascasarjana lantai satu Unila, Senin, 29 Mei 2023.

Menurut Fitra, ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tersebut gagal dalam verifikasi akademik. Salah satunya, ketidaksesuaian antara nilai rapot yang diinput ke sistem SNPMB dengan nilai rapot yang dilegalisir.

“Kalau perbedaannya hanya satu atau dua poin, itu masih bisa dimaklumi sebagai kesalahan manusiawi. Tetapi jika sudah lebih dari 100 poin, itu menunjukkan adanya indikasi mark up yang disengaja,” ujarnya.

Sejumlah siswa juga dinyatakan gugur karena tidak datang atau tidak mengumpulkan berkas akademik saat verifikasi oleh panitia. Padahal, hal itu merupakan syarat wajib untuk mengikuti verifikasi akademik.

“Kita sudah mengingatkan dan menghubungi calon mahasiswa untuk mengumpulkan berkas akademik, sebagian ada yang merespons, tetapi ada juga yang tidak. Akhirnya kita nyatakan gugur SNPMB,” jelasnya.

Fitra menambahkan, tim PMB Unila akan menginformasikan hasil verifikasi akademik ini kepada pihak sekolah, dinas pendidikan, dan MKKS. Tujuannya agar pihak sekolah dapat meningkatkan kualitas dan integritas dokumen akademik siswa mereka.

“Kita berharap tidak ada lagi kasus seperti ini di masa depan. Kita ingin meloloskan calon mahasiswa yang benar-benar berprestasi dan jujur. Kita melakukan verifikasi secara hati-hati, akurat. Jangan sampai kita mendelete orang yang salah,” tuturnya.

Sebagai informasi, total peserta yang lulus seleksi SNPMB Unila tahun 2023 sebanyak 2.388 orang. Mereka terdiri dari delapan fakultas. Rincinya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 216 orang, Fakultas Hukum 180 orang, Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan 543 orang.

Selanjutnya, Fakultas Pertanian 383 orang, Fakultas Teknik 415 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 326 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 250 orang, dan Fakultas Kedokteran 75 orang.

Verifikasi juga dilakukan terhadap pelamar beasiswa KIP Kuliah Merdeka Unila tahun 2023. Verifikasi KIP Kuliah ini untuk memastikan kelayakan mahasiswa tersebut untuk memperoleh beasiswa. Saat ini, total kuota sementara KIP Kuliah Merdeka Universitas Lampung tahun 2023 sebanyak 492 orang.

Dari kuota 492 tersebut akan dibagi untuk dua jalur, porsi SNBP sebesar 31% dan 69% untuk SNBT. “Sehingga saat ini untuk jalur SNBP dari total pendaftar KIP yang berjumlah 860 hanya diambil 153 calon mahasiswa,” jelas Fitra. [Rilis]