Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

Hafid Khoiruddin Juara Lomba Menyanyi Lagu Daerah

34
×

Hafid Khoiruddin Juara Lomba Menyanyi Lagu Daerah

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG- HAFID Khoiruddin, mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang berbakat di bidang tarik suara, berhasil mengharumkan nama kampus dengan meraih juara 1 Lomba Menyanyi Lagu Daerah yang diselenggarakan Bank Indonesia Provinsi Lampung.

Lomba yang bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Lampung ini merupakan salah satu rangkaian Lampung Begawi yang digelar di Lampung City Mall pertengahan Mei 2023. Kompetisi ini dibuka untuk umum dengan syarat berusia 17-30 tahun dengan dua kategori, yaitu pria dan wanita.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Musik Unila ini mengatakan, ketertarikannya di bidang tarik suara sudah ia tunjukkan sejak usia muda. Berbekal pengalaman di bidang solo vokal dan selalu ingin belajar hal-hal baru, membuatnya merasa tertantang untuk ikut berkompetisi.

Dalam lomba ini, Hafid membawakan dua lagu daerah Lampung, yaitu Tanoh Lado sebagai lagu wajib dan Sang Bumi Khuwa Jukhai sebagai lagu pilihan. Untuk mencapai babak final, ia harus bersaing dengan 60 peserta lain dalam tahap penyisihan.

Kriteria penilaian juri juga sangat ketat karena meliputi banyak aspek, seperti teknik vokal, pelafalan bahasa, penghayatan lagu, kostum, dan koreografi. Kendati demikian, Hafid berhasil melewati dan mengalahkan peserta lainnya dengan penampilan memukau.

Ia dinyatakan lolos ke babak final dan keluar sebagai juara 1 perwakilan dari Universitas Lampung. Atas prestasinya ini, Hafid mendapatkan plakat penghargaan, sertifikat juara, dan uang tunai sebesar Rp3.000.000.

“Rasanya tidak percaya saya bisa juara 1. Alhamdulillah dengan latihan singkat, saya bisa memberikan yang terbaik. Ini hasil kerja keras yang akhirnya terbayar,” kata Hafid.

Dalam wawancaranya, Hafid mengungkapkan rahasia suksesnya ialah dengan selalu berlatih serius dan konsisten, baik untuk meningkatkan kemampuan vokal maupun mengasah improvisasi. Selain itu, ia memperhatikan aspek penampilan dengan menyiapkan kostum terbaik sesuai lagu yang dibawakan.

Setelah meraih kemenangan, Hafid merasa sangat bersyukur dan memberikan pesan motivasi kepada sesama mahasiswa yang ingin mengikuti kompetisi serupa.

Ia menekankan pentingnya memiliki semangat dan tekad yang tinggi untuk mewujudkan impian. “Jangan pernah lelah menggapai impian, tetap rendah hati, selalu berusaha, berdoa, dan berpasrah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.

Hafid pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendampingi dan mendukung perjalanan kariernya, khususnya orang tua dan sahabat-sahabatnya yang selalu memberikan dorongan positif kepadanya.

Ia berharap, prestasinya ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang seni dan budaya.***