Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

UPT Perpustakaan Unila Gelar Penobatan Duta Baca 2024

109
×

UPT Perpustakaan Unila Gelar Penobatan Duta Baca 2024

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – UPT Perpustakaan Universitas Lampung ( Unila ) menggelar acara penobatan Duta Baca dan Wakil Duta Baca tahun 2024, Kamis, 13 Juni 2024, di Ruang Teater, lantai tiga Gedung UPT Perpustakaan.

Duta baca terpilih, yaitu Gunawan (FISIP) sebagai Duta Baca Putra dan Daniatul Firdausy (FK) sebagai Duta Baca Putri. Sementara Wakil Duta Baca diraih Yolanda Ria Kartika (FISIP) sebagai Wakil Duta Baca I dan Intan Aulia Anbaku Kunda (FT) sebagai Wakil Duta Baca.

Ketua Pelaksana Zulmiftah Huda, ST, M.Eng., menyampaikan, pemilihan Duta Baca yang dilakukan dari tahun ke tahun merupakan sebuah kolaborasi UPT Perpustakaan dengan mahasiswa untuk meningkatkan literasi di Kampus.

Para duta baca dan komunitas baca yang terbentuk menjadi pelopor atau agen literasi mewujudkan peran perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan (center of Knowledge ) di perguruan tinggi.

“Komunitas baca dan duta baca diharapkan dapat menjadi pelopor penggerak untuk meningkatkan literasi di lingkungan teman-teman mahasiswanya sehingga kita, UPT Perpustakaan dari segi promosi dan pengunjung ikut meningkat,” jelasnya.

Duta baca dan komunitas baca di perpustakaan adalah ikon dan akar literasi. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini setiap tahun, akar tersebut diharapkan terus tumbuh dan berkelanjutan memberikan kontribusi pada peningkatan literasi untuk bangsa agar dapat berdaya saing tinggi.

Seleksi pemilihan Duta Baca UPT Perpustakaan Unila ini diawali dengan tahap administrasi selama satu bulan. Pada tahap ini dilaporkan ada sekitar 41 orang yang mendaftar.

Tahap selanjutnya, seleksi wawancara untuk menggali informasi dari para pendaftaran oleh empat juri. Nilai dari hasil wawancara diakumulasi dan disampaikan pada rapat pleno penetapan empat orang duta beserta wakil duta baca.

Tiga puluh tujuh peserta lainnya secara otomatis akan tergabung dalam komunitas baca. Komunitas ini akan dipimpin para Duta Baca UPT Perpustakaan Unila terpilih. Mereka diharapkan dapat menjadi penyulut semangat literasi.

Zulmiftah Huda juga mengucapkan terima kasih kepada para juri, panitia, dan semua pihak yang telah membantu rangkaian kegiatan ini hingga selesai.

“Semoga ke depannya kita bisa memberikan peran lebih terhadap perguruan tinggi sebagai pesan dari ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutupnya. (*)