Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Pentas Seni PAUD 2024: PGPAUD FKIP Apresiasi Kreativitas Anak Usia Dini

83
×

Pentas Seni PAUD 2024: PGPAUD FKIP Apresiasi Kreativitas Anak Usia Dini

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Program Studi S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) sukses menyelenggarakan Kuliah Praktisi Pentas Seni Pendidikan Anak Usia Dini 2024 pada Senin, 10 Juni 2024.

Kegiatan yang berlangsung meriah di Aula K FKIP Unila ini dihadiri sejumlah tokoh penting dari FKIP Unila serta perwakilan dari seluruh TK dan PAUD se-Kota Bandar Lampung.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Dr. Riswandi, M.Pd., Sekretaris Jurusan, Dr. Mujiati, M.Pd., Ketua Program Studi PGPAUD, Dr. Asih Budi Kurniawati, M.Pd., serta perwakilan dari seluruh TK dan PAUD se-Kota Bandar Lampung.

Kehadiran mereka menambah semarak acara sekaligus menunjukkan dukungan penuh terhadap pengembangan pendidikan anak usia dini. Kuliah praktisi ini bertujuan untuk mengapresiasi dan mempraktikkan mata kuliah seni dan drama melalui pentas seni yang melibatkan siswa PAUD.

Selain itu, agenda bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara akademisi dan praktisi pendidikan, memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa PGPAUD menyelenggarakan kegiatan seni, serta memperkenalkan pentingnya apresiasi seni dalam perkembangan anak usia dini.

Dr. Mujiati, M.Pd., menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan pentas seni tersebut. Ia menekankan, kegiatan ini merupakan implementasi mata kuliah yang berkolaborasi dengan praktisi, khususnya mata kuliah seni dan drama.

Ia juga mengapresiasi upaya para mahasiswa dan guru dalam menghadirkan pertunjukan seni yang menarik dan edukatif. “Pentas seni ini merupakan apresiasi dengan menikmati musik dan kesenian yang ditampilkan siswa PAUD di Bandar Lampung,” ujarnya.

Dr. Riswandi, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan acara ini. Ia menyampaikan, kegiatan seperti ini sangat penting untuk mengembangkan kreativitas anak sejak dini dan memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa PGPAUD dalam mempraktikkan ilmu yang dipelajari.

“Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk memperlihatkan bakat seni dan kreativitas anak-anak PAUD, sekaligus memberikan kesempatan bagi mereka untuk tampil di depan umum,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan seni drama dan tari oleh siswa TK se-Kota Bandar Lampung. Setiap penampilan menunjukkan antusiasme dan kreativitas anak-anak dalam mengekspresikan diri melalui seni. Penampilan yang beragam dan penuh warna ini menghibur para hadirin sekaligus menjadi ajang pembelajaran bagi para mahasiswa PGPAUD.

Kegiatan diharapkan mendukung kolaborasi antara akademisi dan praktisi pendidikan semakin erat, serta makin banyak kegiatan serupa yang diadakan untuk mendukung perkembangan pendidikan anak usia dini.

Kegiatan juga diharapkan menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam mengembangkan program-program inovatif yang melibatkan siswa secara langsung.

Dengan dukungan dan kerja sama yang baik antara FKIP Unila, para pendidik, dan institusi PAUD, kegiatan ini berhasil menjadi ajang bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas dan keterampilan anak-anak sejak usia dini. (*)