Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bandar LampungUnila

Unila Sosialisasi PMB SNBP dan SNBT di SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran

63
×

Unila Sosialisasi PMB SNBP dan SNBT di SMAN 1 Padang Cermin Pesawaran

Sebarkan artikel ini

Pesawaran – Unila (Universita Lampung) menyelenggarakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) di SMAN 1 Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, pada Selasa (30 Januari 2024)

Sosialisasi ini diinisiasi untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa yang berminat melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri, khususnya di Unila.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembagian dua kelas, yaitu aula utama dan ruang kelas SMAN 1 Padang Cermin. Hadir dalam acara ini Subkoordinator Subbagian Registrasi dan Statistik BAK Unila Ainul Hudzni, S.I.Kom., M.I.P., serta Tim PMB Unila Rahman Taufik dan Primasari Pertiwi.

Hadir pula, perwakilan dari Fakultas Teknik Unila seperti Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerja Sama Dr. Muhammad Irsyad, S.T., Gusri Akhyar Ibrahim, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Irwan Syamsurijal Rasimeng, S.Si., M.Si., Hasrul Anwar, S.Pd., M.T., Erlan Sumanjaya, M.Sc., dan Kelik Hendro Basuki, S.T., M.T.

Sambutan hangat diberikan Tamzir Zamka, S.Pd., selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Padang Cermin, didampingi Wakil Kepala Bidang Kurikulum Sugeng, S.Pd., beserta dewan guru dan 170 siswa dari jurusan IPA dan IPS.

Tamzir Zamka dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Unila atas kesempatan menjadi tuan rumah dalam sosialisasi ini. Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi untuk menempuh pendidikan tinggi di PTN, khususnya di Unila.

Dr. Muhammad Irsyad,S.T., selaku perwakilan Unila, menjelaskan, sosialisasi ini memberikan pemahaman lebih kepada calon mahasiswa tentang peluang kuliah di Unila, terutama di fakultas teknik yang memiliki tujuh jurusan.

Ia menguraikan, ada jalur tes, prestasi, dan mandiri yang diprogramkan Unila, memungkinkan mahasiswa mengikuti proses berkuliah secara bertahap.

Dalam rangkaian sosialisasi, peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang proses pendaftaran, persyaratan, tata cara mengikuti PMB di Unila, serta peluang kerja dari Ainul Hudzni dan tim PMB yang turut hadir. Informasi mengenai program studi yang tersedia di universitas tersebut juga menjadi fokus.

Selain membahas PMB, sosialisasi mencakup informasi mengenai beasiswa dan bantuan biaya kuliah yang dapat diakses calon mahasiswa, bertujuan untuk membantu siswa-siswi dengan keterbatasan finansial agar tetap dapat melanjutkan pendidikan di Unila.

Unila menegaskan komitmennya untuk menjaga kualitas penyelenggaraan PMB yang berintegritas, tanpa intervensi, suap, atau pengaturan nilai. Universitas ini berupaya memberikan pendidikan tinggi berkualitas dan peluang setara bagi semua calon mahasiswa.

Unila menyambut calon mahasiswa baru melalui berbagai jalur PMB yang dilaksanakan, dengan program studi beragam dan dukungan penuh dari fakultas dan staf akademik berpengalaman. Harapannya, Unila dapat membantu mencetak generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Sosialisasi PMB SNBP dan SNBT di SMAN 1 Padang Cermin merupakan langkah nyata Unila dalam memberikan informasi dan pembekalan kepada calon mahasiswa. Melalui kegiatan ini, siswa-siswi diharapkan memperoleh pemahaman lebih baik tentang proses pendaftaran, persyaratan, serta manfaat bergabung dengan Unila. (*)