Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita Utama

Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia

79
×

Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia

Sebarkan artikel ini

PRINGSEWU – Upacara peringatan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung digelar di Lapangan Pemkab Pringsewu, Pekon Klaten, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Kamis (17/08/2023), dengan inspektur upacara Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah. Bertindak sebagai perwira upacara, Kapten Inf. Rahmat Hartanto dan komandan upacara Kapten Inf. Redi Kurniawan serta pembaca teks proklamasi Wakil Ketua I DPRD Pringsewu Maulana M.Lahudin.

Upacara yang diikuti pegawai ASN, prajurit TNI dan anggota Polri, pelajar dan mahasiswa, pramuka, ormas dan berbagai elemen masyarakat ini juga dihadiri jajaran pemerintah, DPRD, forkopimda dan lembaga vertikal lainnya. Turut hadir Ketua TP-PKK dan DWP, Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu 2017-2022, KH. Sujadi dan Dr. Fauzi, APDESI, MUI, pimpinan perguruan tinggi, beserta para tokoh, agama, adat dan masyarakat.

Setelah upacara di lapangan pemkab, kegiatan dilanjutkan dengan berziarah dan tabur bunga yang didahului dengan upacara ziarah rombongan di Taman Makam Pejuang Purna Yudha Bhakti, Keputran, Pringsewu dengan inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Pringsewu Ade Indrawan. Pada malam sebelumnya, juga dilaksanakan upacara apel kehormatan dan renungan suci, dipimpin Dandim 0424 Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto.

Selanjutnya di lokasi yang sama, Pj.Bupati Pringsewu dan jajaran forkopimda juga mengikuti upacara secara virtual, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta pemberian taliasih kepada para legiun veteran serta piagam penghargaan dan sertifikat tanah kepada sejumlah penerima di lobi Kantor Bupati Pringsewu.

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka perayaan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Pringsewu cukup meriah. “Namun lebih dari itu, kita bisa mengambil hikmahnya, yaitu adanya kekompakan dan kebersamaan di Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Ia berharap hal tersebut dapat terus dipertahankan sampai dengan tahun 2024 yaitu memasuki Pemilihan Umum untukbersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah Kabupaten Pringsewu. Menurutnya tanggungjawab dalam menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban bukan saja menjadi tanggungjawab kepolisian dan TNI, tetapi merupakan tanggungjawab bersama.

Sementara itu, untuk upacara penurunan bendera pada petang harinya, bertindak sebagai inspektur upacara yakni Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya. (rul)