Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

PSDIH Fakultas Hukum Unila melahirkan Doktor Ilmu Hukum Pertama di Indonesia dalam bidang Birokrasi Desa

100
×

PSDIH Fakultas Hukum Unila melahirkan Doktor Ilmu Hukum Pertama di Indonesia dalam bidang Birokrasi Desa

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Sekretaris Penguji Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum mengapresiasi Nitaria Angkasa yang telah menyelesaikan program studi Doktor Ilmu Hukum lulusan kedelapan dengan tepat waktu.

Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., menyebut Disertasi beliau sangat penting dalam rangka pembangunan kedepan, apalagi pemerintah kita mengagas pembangunan dari desa ke kota.

Sehingga gagasan Doktor Nitaria ini dapat memperkuat pembangunan desa kita kedepan agar desa kita menjadi tumpuan atau pangkal tolak pembangunan.

” Jangan sampai pula justru kewenangan yang besar diberikan ke desa anggarannya besar di berikan ke desa akan tetapi desa tidak siap sehingga akhirnya terjadi banyak persoalan hukum di kalangan pimpinan desa atau kepala desa,” ujarnya saat di wawancarai awak media, Kamis (27/7/23).

Diketahui, Nitaria Angkasa, NPM. 1932011002 dengan disertasi yang berjudul Pergeseran Birokrasi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014.

“Disertasi menuangkan novelty, gagasan baru sebagai sumbangsih kepada birokrasi desa yaitu good village gavernance yang terdiri dari elemen good governance, eleman gotong royong dan elemen inovasi”,

Argumentasi Nitaria Angkasa yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Metro pada sidang terbuka doktoral di gedung PSDIH Fakultas Hukum Unila (Senin 24/07/2023)

Dipimpin oleh Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.,I.P.M. dihadiri 9 orang penguji,

yaitu Ketua Penguji : Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.,I.P.M.

Sekretaris /Penguji : Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum

Penguji :

1. Dr. H.M. Soeryo Respationo , SH., M.H. (Penguji Eksternal)

2. Dr..Muhammad Fakih,SH.,MH (Penguji Internal)

3. Dr. FX Sumarja, S.H., M.Hum. (Penguji Internal)

4. Dr. Zulkarnain Ridwan, S.H., M.H (Penguji Internal)

5. Dr. Hieronymus Soerjatisnanta, S.H., M.H (Ko-Promotor 2)

6. Dr. Budiyono, S.H., M.H (Ko-Promotor 1)

7. Dr. Prof. Dr. Yuswanto, S.H., M.H (Promotor).

Turut diundang dalam Sidang Terbuka Doktoral dari berbagai unsur Pemerintah Provinsi Lampung, Bupati dan DPRD Kabupaten Sel Lampung dan perwakilan dari Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri.

Dunia Hukum berkaitan dengan birokrasi desa dimudahkan dengan sumbangan pemikiran dari penelitian Nitaria Angkasa dalam mengkaji birokrasi penyelenggaraan pemerintahan desa.

Hal ini tidak luput dari bimbingn dan diarahkan oleh Prof. Dr. Dr. Prof. Dr. Yuswanto, S.H., M.H. sebagai promotor dan Dr. Budiyono, S.H., M.H. sebagai Co promotor 1, dan Dr. Hieronymus Soerjatisnanta, S.H., M.H. sebagai Ko-Promotor 2 dalam menyelesaikan disertasi.

Unila cukup berbangga dengan Nitaria Angkasa yang juga Ketua DPD PPKHI Provinsi Lampung, “ dapat mengembangkan dan mengimplementasikan keilmuannya pada dunia pendidikan dan praktek kehidupan birokarsi desa di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Ujar Dr. Hieronymus Soerjatisnanta, S.H., M.H biasa akrab disapa Tisnanta dosen FH Unila. (*)