Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

Rektor Raih Apresiasi dari PPI Dunia dalam Diskusi Panel Pendidikan

70
×

Rektor Raih Apresiasi dari PPI Dunia dalam Diskusi Panel Pendidikan

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., mendapat apresiasi dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia atas paparannya dalam diskusi panel bertajuk “Membangun Peta Jalan Pendidikan di Indonesia: Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Indonesia”, Sabtu, 27 Mei 2023.

Diskusi panel tersebut merupakan rangkaian acara Alumni Connect PPI Dunia yang berlangsung di Grand Ballroom BNI Tower Pejompongan, Jakarta Pusat.

Selain Rektor Unila, narasumber lain yang hadir antara lain Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Iptek Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Edy Giri Rachman Putra, Ph.D., anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin, B.Com., dan Rektor Universitas YARSI Prof. dr. Fasli Jalal, Ph.D.

Dalam paparannya, Prof. Lusmeilia menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan berbagai pihak dalam mempersiapkan masyarakat Indonesia yang siap bersaing di era global.

“Peningkatan kualitas pendidikan bukan hanya tanggung jawab dan peran perguruan tinggi. Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan pemerintah, masyarakat, dan korporasi, serta komisi X DPR RI, sangat diperlukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” ujarnya.

Prof. Lusmeilia menguraikan beberapa permasalahan pendidikan di Indonesia yang bersumber pada masalah pemerataan pendidikan, relevansi pendidikan, sarana prasarana, kesejahteraan tenaga pendidik, hingga kompleksitas kurikulum.

Ia juga memberikan contoh kebijakan Unila dalam meningkatkan angka partisipasi kasar masyarakat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dengan memberikan perluasan jangkauan kampus ke daerah-daerah dan pemberian beasiswa kepada siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Selain itu, Lusmeilia menyatakan kesiapan Unila untuk membangun kerja sama internasional demi mewujudkan kinerja berkualitas. Kerja sama yang dilakukan mulai dari kerja sama keuangan, pendidikan, sosial, dan lainnya guna mendukung kegiatan penelitian mahasiswa dan dosen.

Universitas Lampung juga senantiasa melakukan revitalisasi teknologi dan jaringan sistem untuk mendukung melampaui batas-batas geografis guna perluasan pendidikan dan pembelajaran. *