Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPringsewu

Ini Kesiapan Polres Pringsewu Menghadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

89
×

Ini Kesiapan Polres Pringsewu Menghadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Sebarkan artikel ini

BINEKANEWS.COM, PRINGSEWU – Jelang pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2023, Polres Pringsewu Polda Lampung mendirikan dua pos yang terdiri dari satu pos pelayanan dan satu pos pengaman.

“Pos pelayanan bertempat di rest area Wates Gadingrejo sementara Pos pengamanan berlokasi di Komplek pendopo kabupaten Pringsewu,” Ujar Kasat Lantas Polres Pringsewu AKP Khoirul Bahri saat ditemui awak media usai mengikuti latihan pra operasi ketupat Krakatau 2023 di Mapolres setempat pada Sabtu (15/04/2023)

Dijelaskan Kasat, kedua pos tersebut nantinya akan di isi personel gabungan yang terdiri dari aparat Kepolisian, TNI, Dinkes, Dishub, Satpol-PP, BPBD, PMI dan organisasi kemasyarakatan lainya.

“Posko ini diperuntukan untuk anggota kepolisian bersama instansi terkait yang ditugaskan dalam operasi ketupat yang mana bertujuan untuk memonitor dan memantau segala perkembangan yang ada di lapangan,” jelas Khoirul.

Kasat Lantas menyebut, pos pengamanan dan pos pelayanan akan beroperasi mulai H-7 hingga H+7 Idul Fitri.

“Ya rencananya akan ditempati mulai tanggal 17 April hingga 2 Mei 2023,” bebernya

Lebih lanjut ia mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik dan melintas di Pringsewu untuk dapat memanfaatkan kedua pos tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Karena di pos tersebut nantinya akan kita siapkan tempat peristirahatan dan juga pelayanan kesehatan untuk para pemudik,” ungkapnya.

Selain itu kasat lantas juga meminta masyarakat untuk mewaspadai lokasi rawan kecelakaan dan juga kemacetan di bumi jejama secancanan.

Menurut Khoirul, lokasi rawan kecelakaan berada di sepanjang KM 34-35 Pekon Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo dan di KM 44-45 Pekon Pajaresuk Kecamatan Pringsewu. Sedangkan lokasi rawan macet mulai dari simpang terminal hingga Multi Mart 100 Pekon Sidoharjo.

Namun demikian Kasat Lantas mengaku jika pihaknya telah menyiapkan skema rekayasa lalulintas jika terjadi kemacetan. Rekayasa itu dengan cara pengalihan arus lalu lintas melalui jalan alternatif yang telah ditentukan.

“Kami harapkan arus lintas tetap normal namun jika tetap terjadi kemacetan maka arus lalin dari bandar Lampung akan dialihkan melalui simpang Langlang Buana Sidoharjo tembus simpang gunung kancil kemudian dari arah sebaliknya akan dialihkan melalui simpang jalan olahraga dan keluar di simpang Pusri,” ucap khoirul

Lebih lanjut Ia mengimbau para pemudik untuk berhati-hati dan safety dalam berkendara. Hal itu agar tercipta keamanan dan keselamatan saat berlalu lintas.

“Ya kami imbau para pengguna jalan untuk berhati-hati dan mematuhi peraturan lalulintas serta mengikuti setiap instruksi petugas dilapangan agar aman dan selamat selama perjalanan,” tandasnya. (Rul)