Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Rektor Resmikan PII-BK Sipil Goes to Campus, Perkenalkan Teknologi BIM untuk Proses Konstruksi Cerdas

79
×

Rektor Resmikan PII-BK Sipil Goes to Campus, Perkenalkan Teknologi BIM untuk Proses Konstruksi Cerdas

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Rektor Universitas Lampung ( Unila ) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN., Eng., secara resmi membuka acara PII-Bagian Kejuruan (BK) Sipil Goes to Campus yang berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat, 11-12 Juli 2024, di Gedung Aula Dekanat FT Unila.

Kegiatan bertajuk “ Introduction to Building Information Modeling (BIM) for Smart Construction Process ” ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta mengenai penggunaan BIM dalam proses konstruksi di era perkembangan teknologi saat ini.

Prof. Lusi dalam sambutannya menyampaikan, dunia konstruksi dalam beberapa tahun terakhir dihadapkan pada masalah keberlanjutan, efisiensi, dan kecepatan pembangunan dengan nihil kecelakaan kerja. Untuk itu, kehadiran teknologi baru berbasis BIM kini dipandang sebagai salah satu terobosan penting dalam industri konstruksi.

“Saya berharap informasi BIM yang disampaikan kepada sumber daya manusia mampu membuka wawasan para mahasiswa terkait perkembangan teknologi konstruksi saat ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ir. Firman Parmudianto, IPU, selaku Direktur Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan, PII-BK Sipil Goes to Campus merupakan program yang dirancang tahun ini, di mana BK Sipil mengunjungi 13 universitas.

“Unila, dalam hal ini, menjadi universitas ketiga yang dikunjungi dan menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Pemilihan tema BIM menjadi fokus utama dalam program goes to campus karena teknologi BIM sangat dibutuhkan dalam praktik konstruksi di era saat ini. “Kami merasa materi BIM sangat dibutuhkan bagi mahasiswa calon sarjana,” ungkapnya.

Pihak panitia turut menghadirkan beberapa narasumber utama, di antaranya, Adi Malik Negoro, ST-BIM Coordinator PT Wijaya Karya, Andra Yusfa Ananda, ST-BIM Expert PT Wijaya Karya, dan Bayzoni, ST, MT, Dosen Prodi Teknik Sipil Unila.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Perjanjian Memorandum of Understanding (MoU) antara PII BK Sipil dan FT Unila. Pekerjaan yang sama ini diharapkan dapat mempermudah dan mempererat hubungan antara PII dan FT Unila di bidang-bidang lain di masa mendatang. (*)