Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Jurusan Farmasi FK Adakan Kuliah Umum Hybrid CPOB

95
×

Jurusan Farmasi FK Adakan Kuliah Umum Hybrid CPOB

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Program Studi (Prodi) S-1 Farmasi Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran ( FK ) Universitas Lampung ( Unila ) mengadakan kuliah umum hybrid bertema “Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB): Produksi Sediaan Steril, Semi Solid, dan Liquid ”, di Aula Dekanat Gedung A Lantai dua FK Unila, Sabtu, 22 Juni 2024.

Kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin tahunan prodi dengan kerja sama melalui mitra dalam bidang pendidikan. Mitra dalam hal ini yaitu PT. Metiska Farma dan PT. Laboratorium Farmasi.

Penyelenggaraan kuliah umum CPOB merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi bagi para mahasiswa prodi S-1 Farmasi sebagai calon apoteker/penanggung jawab teknis di sarana industri obat khususnya dalam penerapan penerapan CPOB di sarana produksi.

Penerapan CPOB merupakan persyaratan kelayakan dasar untuk menerapkan sistem jaminan mutu yang diakui dunia internasional. Untuk itu sistem mutual hendaknya dibangun, dimantapkan, dan diterapkan, sehingga kebijakan dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Mengingat pentingnya penerapan CPOB maka pemerintah secara terus-menerus memfasilitasi industri obat baik skala besar maupun kecil untuk dapat menerapkan CPOB melalui langkah-langkah dan penahapan yang terprogram.

Oleh karena itu penting sekali sosialisasi CPOB kepada penanggung jawab pada industri farmasi dan di lingkungan perguruan tinggi untuk dapat mengimplementasikan pelaksanaan proses produksi obat yang memenuhi kriteria keamanan, mutu, dan khasiat.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman di bidangnya yaitu apt. Graha Wira Krida, MIKom., selaku Quality Assurance & Pharmacovigilance PT Pharma Laboratories dengan topik materi “Aplikasi Cara Pembuatan Obat yang Baik dalam Pembuatan Produk Sediaan Steril”, dan apt. Akhmad Ridwan Firli, S.Farm., selaku Manajer Produksi PT. Metiska Farma dengan topik materi “Inovasi dan Tantangan Penerapan CPOB Produksi Sediaan Obat Semi Solid & Liquid”.

Selain diikuti mahasiswa internal Farmasi Unila, peserta kuliah umum CPOB dihadiri para mahasiswa farmasi dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Lampung seperti Itera, Universitas Malahayati, STikes ADILA, Universitas Tulang Bawang, AKFAR CEFADA, dan Perguruan Tinggi Farmasi di luar Provinsi Lampung, dosen, serta alumni farmasi pertama Farmasi Unila angkatan 2019 dan 2020.

Rangkaian acara seminar diawali dengan pembukaan dengan menampilkan tari penyambutan sigeh pengunten, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan himne Unila lalu pembacaan doa pembuka.

Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai dari ketua pelaksana kuliah umum apt. Zulpakor Oktoba, dilanjutkan dengan Berbagai Ketua Jurusan Farmasi FK Unila, sekaligus membuka kegiatan kuliah umum CPOB ini, yaitu dr. Rani Himayani, Sp.M.

Kuliah umum diharapkan memberi sisi lain dari pencapaian pembelajaran di luar kampus terutama pada mata kuliah Teknologi Formulasi Sediaan Steril, Teknologi Sediaan Semi Solida, dan liquid untuk meningkatkan wawasan, inspirasi, dan manfaat lebih bagi para siswa-mahasiswi untuk menilik lebih dalam terkait peluang karier dan gambaran nyara terkait industri obat di Indonesia. (*)