Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Meniti Jejak Angel dalam Program MSIB Melalui Pembaruan Tata Ruang di Jambi

64
×

Meniti Jejak Angel dalam Program MSIB Melalui Pembaruan Tata Ruang di Jambi

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) Angel Sarah Elvira membagikan pengalaman berharganya melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Dibimbing para ahli di bidang tata ruang, Angel terlibat dalam menyusun rencana detail tata ruang di Kecamatan Mendahara Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penyusunan tata ruang dimulai dari menyusun kerangka acuan kerja, desain survei, pembagian pengerjaan laporan, dan melakukan analisis individu.

Analisis data-data yang dibutuhkan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Tata Ruang. Perencanaan detail tata ruang yang baik dapat memastikan pembangunan infrastruktur lebih baik dan efisien, seperti jalan raya, saluran air, sistem transportasi umum akan memudahkan mobilitas masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup ke depannya.

Meski dihadapkan pada tantangan seperti akses terbatas pada layanan online dan transportasi minim, Angel mampu mengatasi berbagai hambatan tersebut. Angel juga mempelajari ilmu baru dan pola hidup masyarakat setempat.

Magang tidak hanya tentang pekerjaan, tetapi juga tentang pengenalan budaya di lingkungan baru. Melalui partisipasi dalam kegiatan lokal, Angel memperdalam pemahaman mereka akan kekayaan budaya Jambi.

Pengalaman magang ini adalah bagian dari Program Magang Kampus Merdeka (MSIB), yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman profesional dan membangun jaringan yang kuat. Hal ini membuka pintu bagi kesempatan kerja langsung setelah lulus.

Angel mengajak untuk ikut serta dalam program-program magang seperti MSIB. Angel meyakini, melalui pengalaman ini, mahasiswa dapat memperluas wawasan, memperkuat keterampilan, dan mengukir jejak prestasi bagi universitas tercinta.

“Jangan lupa mengambil peluang untuk mendaftarkan diri di program MSIB karena selain mendapat pengalaman juga mendapatkan sertifikat profesional dari Kemendikbud untuk membangun personal branding dalam menyusun karier cemerlang di masa depan,” ujarnya, Selasa, 14 Mei 2024. (*)