Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Perpus Unila Kunjungi FISIP Kembali Adakan Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur

150
×

Perpus Unila Kunjungi FISIP Kembali Adakan Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) kembali menggelar Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur Digital (e-journal dan e-book). Kali ini, kegiatan diselenggarakan pada Jumat, 12 Januari 2023, di Auditorium B.3.1 FISIP Unila.

Kepala UPT Perpustakaan Unila Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng., menjadi pemateri pada kegiatan ini. Materi yang disampaikan yakni pengenalan jenis layanan sumber literatur milik Perpustakaan Unila yang selama ini belum banyak diketahui dan dimanfaatkan para dosen serta mahasiswa Unila.

“Jadi karena itulah kita coba sosialisasikan ke semua fakultas supaya resource yang dipunya ini bisa bermanfaat untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian, termasuk untuk pengajaran,” ujarnya.

Secara umum, layanan sumber literatur Perpustakaan Unila terdiri dari dua, yakni layanan tercetak dan layanan digital. Layanan tercetak terdiri dari layanan sirkulasi, cadangan, referensi dan koleksi karya ilmiah (KKI) menggunakan online publik access catalog (OPAC).

Sementara layanan digital terdiri dari Digilib Repository, Bojopro (Book, Journal, Prosiding), Digital Library e-Book Kubuku, WestLaw, ScienceDirect, dan e-Book yakni TF, IGIm Global, dan Elgar Online.

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FISIP Unila Dr. Arif Sugiono, S.Sos., M.Si., mengatakan, workshop pemanfaatan sumber literatur digital menjadi bagian dari fokus tim SDM FISIP Unila pada peningkatan keterampilan Dosen FISIP Unila di bidang kompetensi.

Kegiatan ini sangat penting, terlebih Perpustakaan Unila telah berlangganan jurnal sains bereputasi yaitu ScienceDirect. Diharapkan, para dosen Unila bisa berkontribusi pada misi Unila yaitu membangun daya saing tingkat internasional dengan memiliki resource dan publikasi yang juga berdaya saing internasional.

Dekan FISIP Unila Dra. Ida Nurhaida, M.Si., yang turut hadir dan membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat menggembirakan. Keinginan Unila yang sejak lama ingin berlangganan jurnal untuk mendukung peningkatan kinerja dosen telah terwujud.

Dra. Ida Nurhaida memberikan apresiasi atas hal tersebut dan berharap kegiatan workshop ini dapat dilakukan di lingkungan fakultas secara berkelanjutan. (*)