Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPringsewu

FJI Gelar Pelatihan Jurnalistik

70
×

FJI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sebarkan artikel ini

PRINGSEWU – Federasi Juru Informasi (FJI) menggelar Pelatihan jurnalistik kepada ratusan siswa siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Aula SMK Negeri 1 Gadingrejo, Sabtu (25/11/23).

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang bertema ” Menumbuhkan Semangat Menulis Untuk Generasi Milenial di Era Digital”yang secara resmi dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pringsewu, Eko Kusmiran. 

Selain itu, dalam pelatihan tersebut menghadirkan tiga pemateri, Ipda. Rahmat Basuki dari Polres Pringsewu, Tutor Manalu dari PWI pringsewu dan Andry Kurniawan anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Lampung.

Ketua FJI Pringsewu, Mat Syahrifal mengatakan diadakannya pelatihan jurnalistik tingkat dasar tersebut untuk meningkatkan pengetahuan pelajar tentang profesi pers dalam menyajikan pemberitaan,
“ Kami memberikan ilmu dasar jurnalistik di lingkungan sekolah di wilayah Kabupaten Pringsewu. Berharap dapat disimak pemaparan tiga nara sumber kami,” ujarnya.

Selain itu, Mat syahrifal Menyebutkan adanya pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang diikuti para pelajar dari lima sekolah untuk mengenalkan dasar-dasar ilmu jurnalistik.

Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Pringsewu, Eko Kusmiran dalam sambutan pembukaan mengapresiasi adanya pelatihan jurnalis tingkat dasar yang dilaksanakan FJI Pringsewu. 

“Karena, kegiatan tersebut sangat penting bagi lembaga forum wartawan, tidak hanya fokus mencari berita tapi juga dengan kegiatan yang mengedukasi. Untuk itu Saya berharap kedepannya kegiatan yang sifatnya mengedukasi dapat terus dilakukan,” harapnya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMKN 1 Gadingrejo, Wijoyo Kesumo mengatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari peran media sangat penting untuk menambah wawasan dan informasi yang masuk dari berbagai macam sumber,

“Sehingga, dengan adanya pelatihan ini kita nantinya tidak sembarangan menyalahkan guna media yang utama berkaitan dengan menyebarkan berita hoax. Untuk saya mohon kepada para pemateri bisa memberikan pencerahan kepada siswa-siswi kami yang hadir dalam pelatihan ini, “pungkasnya. (Rul)