Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Dies Natalis ke-34 FMIPA, Rektor Bahas Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

137
×

Dies Natalis ke-34 FMIPA, Rektor Bahas Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Dalam rangkaian dies natalis yang ke-34, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) menggelar kuliah umum online pada Jumat, 10 November 2023.

Kuliah umum ini membahas dua tema penting, yakni Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) serta Pencegahan Korupsi di Lingkungan Perguruan Tinggi. Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Apriyani, D.E.A, IPM., ASEAN Eng., menjadi narasumber utama kegiatan ini.

Ia membahas definisi dan batasan kekerasan seksual yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan perguruan tinggi.

Prof. Lusmeilia menekankan, Unila telah membentuk tim khusus untuk menjalankan PPKS, dengan fokus pada pendampingan, perlindungan, sanksi administratif, dan pemulihan korban.

Selain itu, Unila memberikan jaminan perlindungan terhadap korban dengan langkah-langkah penjaminan keberlanjutan pendidikan, perlindungan dari ancaman fisik maupun nonfisik, dan kerahasiaan identitas korban.

Pada kuliah umum ini, Diah Utaminingsih, S.Psi., M.A., Psi., selaku Ketua Tim Konseling PPKS Unila menyampaikan dampak negatif kekerasan seksual serta menginformasikan tentang layanan hotline dan pengaduan yang disediakan Tim PPKS Unila, dengan penekanan pada kerahasiaan pelapor.

Pada tema kedua, Rahmat Hasnan dari PT. Evodia Global Sertifikasi (PT. EGS), membahas pencegahan korupsi di lingkungan perguruan tinggi. Rahmat menyoroti modus tindak korupsi di dunia pendidikan, membedakan pemerasan, suap, dan gratifikasi sebagai motivasi awal untuk tindakan korupsi.

Rahmat juga merinci peran mahasiswa dalam mencegah korupsi dengan mengedepankan perilaku antikorupsi dan melaksanakan kampanye antikorupsi menggunakan media sosial, seni budaya, dan konten edukasi.

Sementara itu, Dekan FMIPA Dr. Eng. Heri Satria, S.Si., M.Si., menyambut positif kegiatan ini sebagai bagian dari Dies Natalis ke-34 FMIPA Unila. Ia juga menekankan pentingnya pembinaan karakter positif mahasiswa di bidang ilmu dasar dan teknologi.

Selain kuliah umum, Dies Natalis FMIPA melibatkan sejumlah acara lain seperti jalan sehat, festival kuliner, pemberian penghargaan kepada mahasiswa dan dosen, serta kegiatan sosial seperti donor darah dan alumni berbagi. Acara puncak dies natalis FMIPA ke-34 direncanakan pada 15 November 2023. (*)