Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Rektor Unila Buka Seminar Nasional FMIPA 2023

467
×

Rektor Unila Buka Seminar Nasional FMIPA 2023

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., resmi membuka Seminar Nasional Bersama, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unila 2023. Acara berlangsung di Hotel Horison, Bandar Lampung, Selasa, 24 Oktober 2023.

Seminar nasional ini mengangkat tema “Sinergitas Sains Alam, Matematika, dan Komputer dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Berkesinambungan.”

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan atmosfer akademik di FMIPA Unila serta memfasilitasi pertukaran informasi ilmiah, hasil riset, dan pengabdian kepada masyarakat. Seminar juga ditujukan untuk memperkuat kerja sama internal dengan pihak luar dan universitas lain.

Ketua pelaksana Prof. Dr. Kamisah D. Pandiangan melaporkan, seminar ini dihadiri 201 peserta dari 20 instansi dalam negeri, berbagai perguruan tinggi, dan lembaga lainnya. Peserta terdiri dari 143 pemakalah, empat presenter poster, dan 54 peserta biasa.

Dekan FMIPA Unila Dr. Eng. Heri Satria dalam sambutannya mengungkapkan, Seminar Nasional Bersama ini menggabungkan tiga seminar yang sebelumnya telah ada, yaitu Seminar Nasional FMIPA, Seminar Kuantitatif yang diselenggarakan Jurusan Matematika, dan seminar tentang pengabdian kepada masyarakat.

Ia menekankan visi FMIPA Unila untuk menjadi fakultas terkemuka dalam bidang sains, teknologi, dan ilmu komputer, serta kontribusi mereka kepada masyarakat.

Seminar ini tidak hanya menghadirkan pakar di bidangnya, tetapi juga peneliti dari berbagai universitas di Indonesia. Tujuannya yakni menciptakan forum pertemuan ilmiah bagi ilmuwan, peneliti, dosen, guru, dan mahasiswa, serta menjadi jembatan informasi untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seminar ini turut mengundang narasumber dari Universiti Malaysia Terengganu dan satu pemateri utama dari luar Unila, yaitu Prof. Dr. Hasanudin dari Jurusan Kimia Universitas Sriwijaya yang hadir melalui zoom meeting.

Rektor Lusmeilia sangat mengapresiasi kontribusi FMIPA Unila dalam penelitian, pengabdian, dan publikasi ilmiah di Unila. Ia berharap prestasi FMIPA ini akan menjadi inspirasi bagi fakultas lain untuk terus memajukan ilmu pengetahuan dan kemajuan Unila.

Seminar nasional ini diharapkan makin mengokohkan atmosfer akademik yang positif di FMIPA dan berdampak positif pada perkembangan Unila, bangsa, dan negara. Prof. Lusmeilia juga berharap, ada lebih banyak kolaborasi penelitian, pengabdian, dan publikasi antardosen, antara dosen dan mahasiswa, dan antarinstitusi.

Selama acara, Rektor Lusmeilia juga menyampaikan terima kasih kepada narasumber utama dan narasumber undangan yang berbagi pengalaman mereka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui seminar ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini para wakil rektor Unila, Direktur Pascasarjana, para ketua lembaga, ketua jurusan, dan Ketua Program sStudi FMIPA Unila. (*)