Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Unila

Mahasiswi Unila Ikuti MSIB di Ditjen HAM

155
×

Mahasiswi Unila Ikuti MSIB di Ditjen HAM

Sebarkan artikel ini

BANDAR LAMPUNG – Hera Amalia Azzahra, mahasiswi semester tujuh jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Lampung (Unila), meniti pengalaman magangnya di Direktorat Jenderal HAM (DJHAM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham).

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberinya peluang untuk mengkonversi hingga 20 sks melalui magang ini.

Alasan Hera tidak hanya terbatas pada pemenuhan syarat sks mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL), tetapi juga didorong keinginan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama studi.

“Saya ingin berperan aktif dalam pembuatan kebijakan, kerja sama internasional, dan memengaruhi peraturan-peraturan dengan perspektif Hak Asasi Manusia (HAM),” ujarnya.

Pengalaman magang Hera di DJHAM tidak hanya berfokus pada teori, melainkan melibatkan banyak proyek praktis. Ini termasuk analisis kebijakan HAM, praktik hukum, pengembangan keterampilan komunikasi, hingga menjadi narahubung dalam diplomasi dan hubungan internasional.

“Saya juga berperan dalam pelayanan publik, pembuatan standar operasional prosedur, proyek kolaboratif dengan Uni Eropa, hingga berkontribusi dalam kampanye antikorupsi di lingkungan DJHAM,” imbuh Hera.

Rentang waktu magang Hera berlangsung dari 10 Agustus hingga 25 Desember 2023. Selama periode ini, ia berhasil memperoleh wawasan luas tentang berbagai aspek kerja di DJHAM, relevansinya dalam konteks hubungan internasional, dan pentingnya HAM.

Hera berharap, pengalaman magang ini akan menjadi pondasi berharga untuk pertumbuhan pribadi dan profesionalnya di masa depan. Dengan berbagai proyek yang telah ia jalani, terutama yang terkait dengan proses kebijakan dan regulasi, ia berkomitmen untuk terus mendalami bidang ini.

“Saya berharap dapat menjadikan pengalaman magang ini sebagai pondasi untuk pertumbuhan pribadi dan profesional saya di masa depan,” ungkapnya.

Hera menjadi contoh inspiratif dari mahasiswa yang mengambil langkah ekstra untuk memperkaya pengalaman belajar mereka di luar ruang kuliah. (*)