Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bandar LampungBerita UtamaPendidikanUnila

Klub Selam Anemon Unila Kolaborasi Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

34
×

Klub Selam Anemon Unila Kolaborasi Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Sebarkan artikel ini

Bandar LAmpung – Klub Selam Anemon Fakultas MIPA Universitas Lampung (Unila) berkolaborasi bersama Mahasiswa Raden Intan Pencinta Alam (Maharipal) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Unit Selam Institut Teknologi Sumatera (Itera), dan masyarakat Dusun Kalangan Desa Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung, dalam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Kolaborasi berlangsung pada 16-17 Agustus 2023 di Desa Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Agenda kegiatan pada 16 Agustus 2023 diisi dengan berbagai lomba di antaranya lomba estafet air, tarik tambang, futsal sarung, futsal daster, lomba adzan, dan lomba berenang.

Selanjutnya, pada 17 Agustus 2023 dilaksanakan upacara bendera merah putih di lapangan bersama masyarakat dan mahasiswa KKN (dari kampus di bawah naungan Kementerian Agama seperti dari Metro, Nanggroe Aceh, Jambi, Sumsel, Bengkulu, dan lain-lain).

Kegiatan dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih bawah laut oleh 15 orang dari Klub Selam Anemon Unila, Maharipal UIN RIL, Unit Selam Itera, dan masyarakat Pulau Pahawang.

Pembukaan pengibaran bendera bawah laut dihadiri Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Unila Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, M.Si., dan juga Pembina Klub Selam Anemon Endang Linirin W., Ph.D.

Roniyus dalam sambutannya mengatakan, Klub Selam Anemon adalah klub yang berada di bawah Fakultas MIPA. Tahun ini merupakan tahun kedua baginya untuk hadir mengikuti kegiatan ini.

“Saya bangga dengan kegiatan ini karena selain merayakan HUT RI juga ada kegiatan seperti konservasi sehingga masyarakat luar dapat melihat dan mengambil contoh yang baik,” ujarnya.

Mewakili Klub Selam Anemon Unila, Akmal Bayu Angga selaku ketua klub berharap, rangkaian kegiatan pengibaran ini tidak hanya memeriahkan HUT RI akan tetapi bisa membawa masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga alam sekaligus menginspirasi masyarakat agar bisa berdikari.

“Selain melakukan transplantasi 16 rak dengan 150 coral dari kami, kami berharap akan ada kegiatan konservasi yang diadakan masyarakat sekitar juga,” katanya.

Kepala Desa Pulau Pahawang Ahmad Salim mengapresiasi cara yang digagas Klub Selam Anemon Unila. Menurutnya, acara ini telah mengedukasi masyarakat setempat tentang bagaimana menjaga alam bawah laut, yaitu terumbu karang.

Momen pengibaran bendera merah putih bawah laut dinilai tidak hanya terkait seremoni Kemerdekaan RI, akan tetapi menyadarkan generasi penerus dan pemuda Pulau Pahawang tentang pentingnya menjaga alam, terutama laut Pulau pahawang. Karena itulah ia menyebut Anemon selalu ada di hati masyarakat Pulau Pahawang.

Atas pelaksanaan kegiatan ini, Ketua Pokdarwis dan tokoh pemuda Pulau Pahawang, Erwin mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan ini dapat ditingkatkan ke depannya.

“Acaranya berkesan banget dan seru. Kami senang ada kegiatan ini dan berharap tahun depan bisa lebih meriah, lebih besar lagi, dan dirayakan bersama-sama dengan pemuda-pemudi masyarakat Pulau Pahawang,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan kolaborasi ditutup dengan acara puncak perlombaan panjat pinang yang diikuti warga setempat. (*)