Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bandar LampungBerita UtamaPendidikanUnila

Mahasiswa Unila Raih Juara 1 Lomba Robotik Nasional

62
×

Mahasiswa Unila Raih Juara 1 Lomba Robotik Nasional

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) berhasil meraih juara 1 pada cabang perlombaan Robot Mini Industrial (RMI) dalam kompetisi Electro Activities Programme (e-Time) yang diselenggarakan Politeknik Negeri Jakarta.

Ia adalah Dafa Sitanala Putra Baladiah, mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Informatika Unila angkatan 2018, bersama dua rekan satu timnya dari SMPN 1 Bandarlampung dan SMA YP Unila.

“Kami sangat gembira bisa meraih kemenangan ini, karena kami telah melewati persaingan ketat dan tantangan yang berat,” ujar Dafa ketika diwawancara tim website beberapa waktu lalu.

Robot yang dilombakan pada cabang perlombaan RMI harus dapat mengikuti garis yang sudah ditetapkan panitia dan melaju secepat mungkin untuk dapat bersaing ke tahap berikutnya.

Dafa mengaku sempat mengalami kendala pada tahap penyisihan 16 besar karena robotnya mengalami eror. Namun, ia bersama timnya tidak menyerah dan terus berusaha memperbaiki robotnya hingga berhasil lolos ke tahap delapan besar.

“Di tahap delapan besar kami harus memprogram robot di tempat pertandingan dan menyelesaikan misi yang diberikan panitia. Ini cukup sulit, tapi kami berhasil melakukannya dengan baik,” ujarnya.

Dafa menambahkan, kunci kesuksesannya adalah kerja sama tim yang solid dan saling mendukung. Ia juga mengatakan, robotnya memiliki beberapa desain dan spare part yang berbeda dengan robot peserta lain.

“Saya sudah menekuni bidang robotik sejak SMA dan itu yang mengantarkan saya menjadi mahasiswa Unila melalui jalur prestasi khusus. Robotik adalah hobi saya. Saya ingin terus mengembangkannya,” kata mahasiswa asal Jepara ini.

Dafa berharap prestasinya kali ini dapat membanggakan nama baik Unila dan membuka minat anak muda pada bidang robotik. Ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing saya, Pak Rizal, yang selalu memberikan arahan dan motivasi. Saya juga berterima kasih kepada teman-teman tim saya, keluarga, dan semua orang yang telah mendoakan kami,” tuturnya.

Prestasi pada cabang perlombaan yang sama juga turut diraih M. Cahyadi Nugroho Putra, dari Program Studi S-1 Teknik Elektro angkatan 2022, bersama satu rekan timnya dari SMA YP Unila yang berhasil meraih Juara 3. (*)