Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bandar LampungBerita UtamaPendidikanUnila

Perpustakaan Unila Hadiri KPDI ke-14 dan Siap Menjadi Tuan Rumah KPDI-15

54
×

Perpustakaan Unila Hadiri KPDI ke-14 dan Siap Menjadi Tuan Rumah KPDI-15

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) sukses berpartisipasi dalam Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia-14 (KPDI-14), sebuah acara bergengsi yang diselenggarakan di Atria Hotel Malang, 9 hingga 11 Agustus 2023.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini secara resmi dibuka Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Widodo dan berhasil menarik perhatian dengan partisipasi sebanyak 553 peserta.

Dengan tema “Menggalang Masa Depan Melalui Preservasi Digital Pengetahuan Lokal Indonesia (Budaya, Pengetahuan, dan Pembelajaran)”, KPDI-14 berhasil mengumpulkan para profesional, akademisi, dan praktisi dalam bidang perpustakaan digital.

Kegiatan ini menjadi wadah yang ideal bagi mereka untuk berbagi pengetahuan, mendiskusikan isu terkini, dan mempromosikan inovasi dalam industri perpustakaan digital.

Para peserta juga mendapat dukungan dari beberapa sponsor terkemuka, termasuk Perpustakaan Nasional (Perpusnas), PT. Ina Publikatama, Bibliotheca, Sagung Seto, dan Kubuku.

Prof. Dr. Jonner Hasugian, Ketua Forum Perpustakaan Digital Nasional, dalam sambutannya menyatakan, KPDI-14 merupakan kelanjutan dari amanah yang dimulai sejak KPDI-13 tahun 2021 di Solo.

Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) Malang ditunjuk sebagai tuan rumah KPDI-14, dan Perpustakaan Unila akan menjadi tuan rumah KPDI-15.

Drs. Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI, berharap, konferensi ini mampu merumuskan solusi bagi tantangan berat yang dihadapi perpustakaan.

Partisipasi aktif Perpustakaan Unila dalam KPDI-14 bukan hanya sekadar simbol komitmen terhadap perkembangan perpustakaan modern, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam memajukan literasi, pengetahuan, dan kesadaran informasi.

Kepala Perpustakaan Unila Ir. Khairudin, M.Sc., Ph.D., mengungkapkan semangat perpustakaan dalam mengikuti perkembangan terkini dan berkomitmen untuk menginspirasi melalui KPDI-15.

Tahun 2024, Perpustakaan Unila akan menjadi tuan rumah KPDI-15 dengan tema “Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dalam Perpustakaan Digital”. Diharapkan kegiatan tersebut dapat melibatkan lebih banyak pihak dan memberikan dampak positif lebih luas.

Unila mengundang praktisi perpustakaan, akademisi, pengambil keputusan, dan masyarakat umum untuk terus mengikuti informasi terkini mengenai KPDI-15 yang akan diadakan di tahun mendatang. (*)