Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Uncategorized

Santri Ganjar Ajak Jemaah Majelis Taklim Jaga Ekosistem Laut di Pesisir Tanggamus

79
×

Santri Ganjar Ajak Jemaah Majelis Taklim Jaga Ekosistem Laut di Pesisir Tanggamus

Sebarkan artikel ini

Tanggamus, Lampung – Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Lampung meluaskan aksi kebermanfaatannya. Bukan hanya pada bidang keagamaan, namun juga di bidang lingkungan hidup.

Seperti pada Kamis (3/8/2023), mereka mengadakan sosialisasi untuk menjaga ekosistem pesisir dan laut di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Peserta sosialisasi merupakan para jemaah majelis taklim yang berbasis di daerah sekitar pesisir Desa Kiluan Negeri.

Koordinator Wilayah SDG Lampung, Yafril Mahesa menjelaskan, kegiatan ini bertujuan menanamkan rasa kepedulian terhadap masyarakat agar lebih peduli pada ekosistem laut dan pesisir.

“Kami berinisiatif mengadakan kegiatan menjaga ekosistem, membersihkan pantai, dan sosialisasi kepada masyarakat majelis di Tanggamus, supaya masyarakat peduli menjaga lingkungan, bahwa laut itu perlu kita jaga kebersihannya,” kata Yafril.

Dalam sosialisasi tersebut, para warga diimbau agar tidak membuang segala jenis limbah ke laut, tidak menggunakan alat pancing yang berpotensi merusak lingkungan, hingga imbauan agar tidak menangkap hewan laut secara berlebihan.

Selain sosialisasi, loyalis Ganjar ini juga mengajak para jemaah untuk bergotong royong membersihkan sampah yang ada di area pesisir Desa Kiluan Negeri.

Lebih lanjut, Yafril menjelaskan bahwa menjaga kebersihan laut dan pesisir adalah tanggung jawab bersama. Terlebih SDG sebagai relawan berbasis santri ini menyatakan bahwa kebersihan merupakan bagian dari keimanan.

“Kalau kita bisa menjaga kebersihan, itu kan sebagian daripada keimanan,” ucapnya.

Dia juga berharap, dengan pantai dan laut yang bersih, dapat meningkatkan kenyamanan masyarakat pesisir dalam segala aktivitasnya.

“Jadi sebagus kita menjaga lingkungan, supaya airnya terjaga, udaranya sehat, dan masyarakat (pesisir) enak menyelesaikan pekerjaan, dan aktivitasnya, baik itu aktivitas indah maupun mengais rezekinya,” papar Yafril.

*Dorong Sektor Wisata Bahari di Tanggamus*

Selain itu, dengan terjaganya ekosistem pesisir dan laut, hal ini juga bisa mendorong hadirnya wisatawan yang datang. Terutama banyak pesisir di Lampung, disebut Yafril telah menjadi objek wisata bahari.

“Karena memang di Lampung ini banyak wisata-wisata pantainya, pentingnya kebersihan itu salah satunya agar mendorong majunya UMKM-UMKM di pesisir pantai,” sebutnya.

Relawan SDG Lampung pun dijelaskan Yafril akan terus menggelar kegiatan bermanfaat lain di wilayah Lampung lainnya

“Selain nanti ada doa bersama, kita akan fokus pada kegiatan membantu UMKM masyarakat dan UMKM milik majelis taklim dan ponpes,” pungkasnya. (*)