Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita Utama

Orang Muda Ganjar Serap Aspirasi dan Beri Sejumlah Bantuan kepada Petani Karet di Way Kanan

117
×

Orang Muda Ganjar Serap Aspirasi dan Beri Sejumlah Bantuan kepada Petani Karet di Way Kanan

Sebarkan artikel ini

Way Kanan, Lampung – Sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) tiada henti menyambangi masyarakat di beberapa daerah untuk mendengar keluhan dan menyerap aspirasi lewat kegiatan bermanfaat.

Kali ini, sukarelawan yang beranggota para anak muda tersebut menyapa puluhan petani karet sekaligus mendengarkan keluh kesah mereka di Desa Bedeng, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Way Kanan, Lampung, pada Minggu (23/7/2023).

Perwakilan OMG Way Kanan Yusar Ali mengatakan pihaknya sengaja mengunjungi para petani karet di desa ini karena menerima banyak keluhan terkait hasil produksi yang mulai menurun.

“Banyak aspirasi dari masyarakat yang kami tampung. Semoga kegiatan kami selanjutnya bisa menjawab apa yang menjadi keluhan dan permasalahan yang ada di masyarakat,” ungkapnya di sela-sela kegiatan.

Yusar mengatakan salah satu kendala dan permasalahan yang dihadapi petani karet di Negeri Agung adalah menurunnya produksi karet yang disebabkan penyakit yang dialami pohon. Selain itu, para petani mengeluhkan kualitas bibit yang didapatkan sehingga berdampak pada tumbuhnya pohon karet.

“Kami berencana berikan bibit karet yang bagus. Kami akan usahakan adakan program khusus untuk petani karet di sini ke depannya,” ujarnya.

Masyarakat Kecamatan Negeri Agung juga menyampaikan perlunya kebutuhan peralatan pertanian yang digunakan untuk mendukung aktivitas memanen karet. Karena itu, OMG memberikan sekitar 15 pisau deres, 15 arit, dan 20 golok untuk menunjang pekerjaan petani karet di desa tersebut. Yusar mengatakan, dengan pemberian bantuan ini, pihaknya berharap masyarakat makin bersemangat memaksimalkan hasil produksi karet.

“OMG Way Kanan memberikan bantuan berupa pisau deres, golok, dan arit kepada petani karet di Negeri Agung supaya dapat dimanfaatkan untuk pertanian mereka,” ujarnya.

Yusar berharap, setelah adanya kegiatan ini, hasil pertanian karet di desa itu makin meningkat sehingga membawa kesejahteraan bagi para petani.

“Tujuannya untuk membantu petani karet di kampung ini agar menjadi lebih baik lagi. Semoga kegiatan yang kami adakan ini membawa manfaat,” katanya.

Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo bersama sekitar 50 petani karet di Kabupaten Way Kanan mendoakan agar Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesai periode 2024-2029.

Sementara itu, Dedi, petani karet, menyambut antusias kehadiran OMG di Kabupaten Way Kanan. Menurut dia, OMG membuat aksi nyata turun ke masyarakat untuk mendengarkan keluh kesahnya sebagai petani karet.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk menangkap aspirasi masyarakat. Banyak juga warga yang datang menyampaikan keluh kesah,” ujarnya.

Dia menyampaikan kurang kompetitifnya harga karet di pasaran sehingga memengaruhi upah penjualan yang diterima dari hasil panen. Pria berusia 37 ini juga berharap pasokan pupuk yang berkualitas.

“Harganya ini susah naik, dari segi produksinya, getah yang dihasilkan pohon karet di sini mulai berkurang karena keterbatasan pupuk yang diperoleh,” ucapnya.

Petani di Kecamatan Negeri Agung bersyukur atas pemberian bantuan berupa golok, pisau deres, dan arit untuk menunjang pekerjaan kami agar hasil produksi maksimal.

Mereka berharap kepada sosok Ganjar Pranowo agar memperhatikan petani karet jika terpilih sebagai presiden Indonesia periode 2024-2029.

“Harapan kami sebagai masyarakat Negeri Agung, kalau Pak Ganjar terpilih jadi presiden 2024, harga karet diperhatikan. Pasokan pupuk pohon karet juga diperhatikan agar tidak mudah terserang penyakit,” ujarnya.(*)