Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Uncategorized

Mahasiswi Unila Raih Mendali Emas di Ajang IOS

76
×

Mahasiswi Unila Raih Mendali Emas di Ajang IOS

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Mahasiswi Universitas Lampung, Aidila Fitri Yana (Unila), berhasil meraih medali emas dalam ajang Indonesian Olympiad Of Science (IOS) 2023 bidang Biologi yang diselenggarakan Yayasan Prestasi Indonesia (Presmanesia) pada 12 Maret 2023, di Yogyakarta.

Aidila Fitri Yana mengungkapkan kebahagiaannya usai mendengar pengumuman bahwa ia berhasil meraih medali emas. Ia tidak menyangka karena kompetisi tersebut sangat ketat dan banyak peserta yang berbakat.

Aidila termotivasi oleh mahasiswa yang sebelumnya meraih prestasi serupa. Baginya, jika orang lain bisa meraih prestasi tersebut, mengapa tidak dengan dirinya. Selain itu, Aidila senang mencoba hal-hal baru.

Dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi ini, Aidila mengungkapkan, ia tidak mengalami kendala berarti. Namun, ia mengaku sedikit kesulitan membagi waktu antara kuliah dan tugas yang padat.

“Saya sedikit kesulitan untuk membagi waktu, mengingat jadwal kuliah dan tugas yang padat,” ungkapnya.

Meskipun menghadapi sedikit kesulitan mengatur waktu antara perkuliahan dan persiapan kompetisi, Aidila menemukan solusinya dengan memanfaatkan waktu luang seperti jam kosong di kelas untuk belajar dan mempersiapkan diri.

Selama kompetisi berlangsung, peserta harus menyelesaikan soal dalam batas waktu yang ditetapkan. Namun Aidila, mengaku sempat mengalami kendala jaringan internet saat waktu hampir habis.

“Saat waktu hampir habis tiba-tiba jaringan internet saya mengalami gangguan. Tapi alhamdulillah, di dua menit terakhir saya bisa mengumpulkan jawaban,” ujarnya.

Mahasiswi jurusan agribisnis ini mengungkapkan, dukungan dari keluarga, teman, dan universitas, menjadi motivasi terbaik baginya untuk memenangkan kompetisi tersebut. “Mereka selalu memberi semangat sehingga saya merasa yakin dan termotivasi untuk mengikuti kompetisi ini,” katanya.

Aidila juga berbagi pesan kepada teman-teman yang ingin mengikuti kompetisi serupa maupun kompetisi lainnya. Ia menyarankan agar tetap semangat dan tidak mudah menyerah ketika menghadapi kegagalan.

“Karena dari kegagalan tersebut, kita bisa mengevaluasi dan mempersiapkan hal-hal yang lebih baik di masa depan. Selain itu, jangan mudah puas dengan apa yang sudah kita capai, terus belajar dan tingkatkan prestasi kita,” pesan Aidila.

Aidila juga menyadari, prestasi ini sangat bermanfaat sebagai penunjang studi dan karier di masa depan. Ia berharap, prestasi ini dapat memudahkan perjalanan akademiknya dan meraih kesuksesan di berbagai bidang.(*)