Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

Unila Ikut Meriahkan HUT Bandarlampung

48
×

Unila Ikut Meriahkan HUT Bandarlampung

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-341 Kota Bandarlampung, Universitas Lampung (Unila) mengirimkan satu unit mobil hias yang mengusung tema “Nahkoda be Strong”. Mobil hias tersebut berpartisipasi dalam karnaval yang digelar di sekitaran Tugu Adipura, Minggu, 18 Juni 2023.

Karnaval mobil hias ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya nusantara dan budaya Lampung kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Salah satu budaya Lampung yang diperkenalkan Unila adalah tuping, yaitu penampilan prajurit dari keratuan darah putih di pesisir Kalianda.

Dr. Fitri Daryanti, S.Sn., M.Sn., dosen pembimbing tim mobil hias Unila menjelaskan, tema “Nahkoda be Strong” bermakna bahwa Unila sebagai perguruan tinggi akan terus berbenah dan berkembang menjadi lebih kuat dan maju. Mobil hias Unila juga dilengkapi dengan atribut tuping yang memiliki filosofi sebagai pembuka jalan yang bebas dari rintangan dan halangan.

“Kami ingin menyampaikan pesan, Unila akan terus melaju tanpa ada masalah lagi dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik. Kami juga ingin memperkenalkan nilai-nilai budaya Lampung kepada masyarakat, khususnya generasi muda, agar mereka dapat menghargai dan mewarisi kekayaan budaya daerah,” ujar Dr. Fitri.

Persiapan mobil hias Unila dilakukan selama dua minggu dengan melibatkan delapan mahasiswa dari Program Studi Seni Tari dan Seni Musik. Selain mobil hias, Unila juga menampilkan tarian dan musik tradisional Lampung sebagai bagian dari atraksi carnaval.

Dr. Fitri berharap, dengan keikutsertaan Unila dalam karnaval mobil hias ini dapat meningkatkan citra positif Unila sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap pelestarian dan pewarisan budaya Lampung. Ia juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kota Bandarlampung dan berharap kota ini semakin maju dan sejahtera.*