Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaEkonomi dan Bisnis

Wagub Ingatkan Masyarakat Berhati-hati Pilih Makanan saat Ramadan

77
×

Wagub Ingatkan Masyarakat Berhati-hati Pilih Makanan saat Ramadan

Sebarkan artikel ini

BINEKANEWS.COM, BANDARLAMPUNG – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, mengingatkan masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi pengawasan terhadap makanan yang ada dipasaran terutama saat Ramadan.

Menurut Nunik panggilan sehari-hari Chusnunia Chalim mengaku, pengawasan untuk makanan selama Ramadan harus dilakukan baik dari Pemerintah Provinsi Lampung maupun masyarakat.

“Terkhusus bulan Ramadan ini, dimana jenis makanan dan minuman lebih banyak dari di luar. Ini perlu lebih ditingkatkan pengawasannya,” katanya saat dimintai keterangan, Minggu (9/4/2023).

la menyampaikan, banyaknya para pedagang dadakan saat bulan Ramadan harus lebih diwaspadai lagi tingkat kesehatan makanannya.

“Mungkin kalo pedagang UMKM yang ada izin mereka akan tunduk. Tetapi yang dadakan tanpa izin ini yang harus diwaspadai,” imbuhnya.

Nunik menerangkan, berdasarkan data yang diterima oleh Pemprov Lampung sebagian besar keracunan makanan terjadi pada saat acara hajatan.

Namun, dirinya mengkhawatirkan efek jangka panjang yang terjadi. Terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

“Yang harus kita waspadai itu angka diabetes anak, itu angkanya dari mana kalau bukan dari makanan atau diabetes orang tua,” jelasnya.

Terakhir, Nunik membeberkan fakta angka penyakit tidak menular cukup tinggi, kemungkinan besar dari makanan. (*)