Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita

LPPM Unila Adakan Pelatihan dan Penyamaan Persepsi Reviewer

801
×

LPPM Unila Adakan Pelatihan dan Penyamaan Persepsi Reviewer

Sebarkan artikel ini

BINEKANEWS.COM, BANDARLAMPUNG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung (Unila) mengadakan Pelatihan dan Penyamaan Persepsi Reviewer di hotel Bukit Randu, Kamis 2 Maret 2022. Pelatihan menghadirkan dua pemateri, yakni Prof. Dr. Admi Syarif dan Prof. Dr. drh. R Wisnu Nurcahyo.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T mewakili Rektor Universitas Lampung. Turut hadir Kepala Balitbangda Provinsi Lampung Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si dan jajaran pimpinan Unila, dan para reviewer di lingkungan Unila.

Dr. Suripto dalam sambutannya menyampaikan, salah satu upaya untuk meningkatkan dayanya perguruan tinggi adalah melalui peningkatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan luaran berkualitas dan relevan terhadap pengembangan keilmuan dan kebutuhan pembangunan.

Untuk menghasilkan output berkualitas maka perlu peran reviewer yang melakukan desk evaluation untuk melakukan proses seleksi kelayakan proposal.

Seorang reviewer perlu menguasai beberapa pemahaman seperti mengenai kelayakan substansi, Tingkatkan Kesiapterapan Teknologi (TKT), skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta sistematika penilaian. Persamaan persepsi reviewer juga menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas penelitian agar hasilnya bermuara pada pencapaian target luaran.

Dengan latar belakang tema review yang berbeda-beda tersebut, maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi para reviewer penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam melaksanakan desk evaluasion dan penilaian pemaparan proposal.

Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan efektif sehingga maksud dan tujuannya dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

“Saya berharap acara dapat laksana dengan efektif melalui pemaparan materi oleh para narasumber dan umpan balik berupa tanya jawab, diskusi, masukan atau sharing pengalaman antara reviewer dalam melakukan review sebelumnya, sehingga maksud dan tujuan acara ini dapat tercapai dengan predikat sukses.” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPPM Unila Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si turut menyampaikan bahwa ada 664 judul proposal akan didanai. Dengan ini Unila selayaknya mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan Provinsi Lampung. (*)