Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

CCED Unila Sosialisasikan Tracer Study Tahun 2023

100
×

CCED Unila Sosialisasikan Tracer Study Tahun 2023

Sebarkan artikel ini

BINEKANEWS.COM, BANDARLAMPUNG – UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (CCED) Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Sosialisasi Pelaksanaan Tracer Study Tahun 2023, Kamis, 23 Ferbuari 2023.

Kegiatan yang berlangsung di ruang pelatihan CCED dibhka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si.

Acara diawali dengan sosialisasi kepada pimpinan fakultas, dan dilanjutkan dengan sosialisasi ke seluruh program studi baik itu D3, S1, dan S2.

Dr. Nur Efendi, S.Sos., M.Si selaku Kepala Divisi Tracer Study dan Penjaminan Mutu dalam laporannya menyampaikan, rangkaian acara sosialisasi ini sudah dimulai pada awal bulan Februari tahun ini.

“Pada hari ini kita melakukan sosialisasi kepada Kaprodi yang berjumlah 11, terdiri dari prodi D3, S1 dan S2,” ujarnya.

Sosialisasi tracer study dilakukan karena menjadi urgensi yang harus diupayakan oleh Unila dalam rangka penilaian delapan Indikator Kinerja Utama (8 IKU) perguruan tinggi, khususnya pertama (IKU 1).

Selain itu, data yang dihasilkan dari penelusuran alumni juga sangat berguna untuk kebutuhan akreditas perguruan tinggi baik tingkat universtas maupun program studi (D3, S1, Profesi, S2, dan S3).

Anna Gustina menyampaikan, Unila sangat berkepentingan dengan capaian IKU 1 sebagai cerminan dari kualitas proses pendidikan dan pembelajaran yang telah diselenggarakan.

Untuk memenuhi standar tersebut diperlukan upaya yang terencana dan sistematis guna meningkatkan kinerja IKU 1 agar capaiannya semakin mendekati gold standar.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan alumni melalui program studi dalam pelaksanaan tracer study,” ujarnya

Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan forum diskusi yang solutif dan adaptif untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tracer study Unila.

“Semoga adanya kegiatan ini, capaian IKU 1 kita yang sebelumnya merah bisa berubah menjadi hijau,” Imbuh Dr. Anna. (*)