Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaMesuji

Kunjungi Desa Tua, Ini Janji Sulpakar

62
×

Kunjungi Desa Tua, Ini Janji Sulpakar

Sebarkan artikel ini

BINEKANEWS.COM, MESUJI – Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Drs.Sulpakar.MM., memastikan jika pihaknya akan memprioritaskan pembangunan Infrastruktur Jalan, sarana Kesehatan, dan Pendidikan di Bumi Ragab Begawe Caram. Khususnya, di desa tua, pada perencanaan pembangunan Kabupaten Mesuji tahun anggaran 2024 mendatang.

Hal itu di sampaikannya kala melakukan kunjungan kerja di Desa Tua di Kecamatan Tanjung Raya, agenda kunjungan itu di awali dengan melihat langsung kondisi Sekolah Luar Biasa (SLB)yang terletak di Desa Bujung Buring, Selasa (21/02/2023).

Selanjutnya, Sulpakar yang di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji Pori Karlia, Anggota DPRD Mesuji Dapil Kecamatan Tanjung Raya, Asisten, Staf Ahli, beberapa Kepala Perangkat Daerah, dan Camat serta Kepala Desa itu bergerak menuju Desa Tanjung Harapan.

Rupanya akibat di guyur hujan deras, rombongan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung itu harus berjibaku dengan jalan berlubang dan berlumpur yang membuat suara mesin mobil-mobil Double gardan yang ditumpangi rombongan pun harus meraung karena beratnya kondisi medan jalan yang di lalui.

Bahkan tak jarang laju mobil rombongan Pj Bupati Mesuji itu harus terhenti karena ada mobil masyarakat yang terjebak karena kondisi jalan memang sulit jika di lalui dengan kendaraan roda empat yang belum dilengkapi dengan gardan ganda (Double Gardan).

Sesampainya di Desa Tanjung Harapan yang merupakan desa pemekaran dari induknya yakni Desa Sri Tanjung, Kecamatan Tanjung Raya, rombongan disambut sangat meriah oleh aparatur desa, ratusan masyarakat dan siswa-siswi mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Mereka nampak senang dan bangga karena desanya dikunjungi orang nomor satu di Mesuji. Kendati untuk sampai kesana, rombongan harus berjibaku melintasi jalan yang kondisinya seperti kubangan kerbau.

“Kami akan terus berupaya agar pemerintah pusat dapat membantu penanganan Infrastruktur terutama jalan di Mesuji. Hanya saja persoalannya adalah Kabupaten Mesuji bukan termasuk Lokasi Prioritas Pemerintah Pusat. Saat ini kita masih berupaya untuk memenuhi persyaratan yang di minta oleh Pemerintah Pusat, melalui beberapa Kementerian, agar Kabupaten Mesuji menjadi Lokasi Prioritas yang nantinya akan mudah mendapat bantuan pusat bila itu terpenuhi,”Kata Sulpakar.

Dalam kesempatan tersebut, Sulpakar juga mengaku prihatin dengan kondisi kesehatan masyarakat yang tinggal di desa tua, yang juga kondisi permukiman nya berada di perairan sungai Mesuji. Untuk itu dia meminta kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada disana agar lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga tiga desa tua di Kecamatan Tanjung Raya yakni Tanjung Harapan, Sri Tanjung, dan Kagungan Dalam.

Usai berinteraksi dengan perangkat desa dan masyarakat di desa tua, Sulpakar bersama rombongan bergerak menuju ke Puskesmas Tri Karya Mulya untuk melakukan pembinaan terhadap tenaga kesehatan (Nakes) dan melakukan penyerahan bantuan simbolis berupa: PMT gizi buruk pada Balita, PMT berbahan pangan lokal bagi ibu hamil KE, PMT berbahan pangan lokal bagi balita gizi KU, PMT pasien TBC, pemberian vitamin A bagi Balita, dan pemberian obat cacing bagi balita.

Terakhir, rombongan Pj Bupati bergerak menuju ke Desa Harapan Mukti, melakukan pembukaan Musrenbang RKPD 2024, Rembuk Stunting dan ramah – tamah dengan masyarakat dan perangkat desa se-Kecamatan Tanjung Raya. (*)